Dansat Brimob Bentuk Karakter Anggota Dengan Pembinaan Rohani dan Mental

BrimobLampung_Kamis, 29 April 2021, bertempat di Masjid Al Mujahidin Rawa Laut, telah dilaksanakan kegiatan rohani “Pengajian Rutin” bagi umat muslim yang diselenggarakan oleh Seksi Urmin Satbrimob Polda Lampung. Kegiatan rutin yang ditingkatkan pada bulan Ramadhan ini dilaksanakan setiap hari Kamis sebagai upaya menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Kegiatan ini diawali dengan mambaca silsilah, surat yasin, dzikir dan dilanjutkan dengan tausiyah serta di akhiri Doa bersama. Adapun pembaca silsilah dan doa pada pengajian kali ini adalah Bripka Saihun,  SH didampingi ASN Junaidi sebagai pembaca surat yasin dan diakhiri Tausiyah oleh Komandan Satuan Brimob KBP R. Kasero Manggolo, SH., S.Sos., MH., M.Si

Pada kesempatan kali ini kegiatan binrohtal dipimpin langsung oleh Dansat Brimob KBP R. Kasero Manggolo, SH., S.Sos., MH., M.Si dan di hadiri oleh Danden Gegana dan Para PJU Satbrimob serta personel Staf Satbrimob dan Detasemen Gegana. Dalam Tausyiahnya Dansat Brimob menyampaikan Perintah untuk berpuasa pada bulan Ramadhan sekaligus keutamaan ibadah ini bukan dari pimpinan tapi di terangkan dalam sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadis.

Di antara yang menerangkan kewajiban berpuasa dan pentingnya ibadah ini ialah firman Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah ayat 183:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

 

Arti: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Yang menjelaskan bahwa puasa diwajibkan terhadap umat Islam, sebagaimana diperintahkan pada para umat saleh lainnya sebelum masa kenabian Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, untuk meningkatkan ketakwaan.

Jadi kegiatan ini dilaksanakan karena dinilai sangat penting sebagai Anggota Polri khususnya Satuan Brimob untuk dapat lebih meningkatkan Ketakwaan dan Keimanan serta membentuk Karakter Anggota sehingga dapat bekerja secara Profesional karena “Keperibadian yang baik adalah hal yang paling mendasar untuk mendukung keberhasilan didalam setiap pelaksanaan tugas”. Oleh karena itu Ketakwaan, Keimanan, Kepribadian dan Perilaku menjadi atensi khusus dalam mewujudkan Citra dan kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya Satuan Brimob.

Dengan adanya Kegiatan Binrohtal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan minset dan kulturset ditubuh anggota Brimob agar dapat lebih religius dan humanis serta menjadikan konsep diri yang baik dalam pelaksanaan tugas kedepan, selain itu giat ini juga masuk dalam penilaian 13 komponen polri SDM Budaya Unggul untuk pengembangan karier personel. Tambah Danden Gegana Kompol Robi dalam instruksi nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.